Sabtu, 05 November 2011

Danau Baikal, Danau Terdalam

     Danau Baikal, biasanya juga disebut Baygal nuur (danau alam) di Rusia merupakan danau tertua dan terdalam, yakni mencapai 744.4 meter, yang terletak di daerah Irktust Oblast, Siberia, Rusia. Selain mempunyai predikat tertua dan terdalam, danau ini juga dapat dikatakan sebagai danau terjenih di dunia.

Danau Baikal
     Danau Baikal  terbentuk di dataran rendah seluas 31.722 kilometer persegi berbentuk "crescent", yang dikelilingi oleh bukit - bukit tinggi. Di dalam danau ini terdapat lebih dari 1.700 spesies tumbuhan dan hewan, yang sebanyak 23 jenisnya tidak dapat ditemukan dimanapun.

     Suhu di Danau baikal mencapai -19 derajat celcius pada musim dingin, dan 14 derajat celcius pada musim panas. Danau ini juga telah ditetapkan sebagai situs peninggalan bersejarah oleh UNESCO pada 1996.

Peta Danau Baikal
     Pada tahun 2008, Russia mengirimkan 2 kapal selam kecil untuk meneliti keadaan bawah air secara geografis dan biologis. Tetapi setelah kegiatan penelitian selesai, 2 kapal selam tersebut tak bisa menembus rekor penyelaman danau paling dalam, tetapi hanya dapat menyelam sejauh 1,580 m. Misi penelitian tersebut dipimpin oleh Artur Chilingarov.






Sumber: Wikipedia.org


Tidak ada komentar:

Posting Komentar